Terbaru.. Revisi PPDB Sistem Zonasi Tahun 2019

Terbaru.. Revisi PPDB Sistem Zonasi Tahun 2019

Pendaftaran PPDB Tahun pelajaran 2019/2020 menuai banyak kontrovesi. Karena sistem zonasi yang diterapkan oleh pemerintah saat ini dianggap oleh sebagian besar orang tua membatasi keleluasaan dalam memilih sekolah. Anak tidak bisa memilih sekolah pilihannya karena terbentur oleh sistem zonasi yang memprioritaskan sekolah di dekat tempat tinggalnya.  Anak yang memiliki kemampuan lebih tidak bisa serta merta memilih sekolah favoritnya. Sehingga banyak orangtua mengeluhkan sistem PPDB saat ini.

Namun disatu sisi ada sisi positif didalam sistem zonasi ini, yaitu pemerataan pendidikan diseluruh tanah air. Diharapkan dengan adanya sistem ini tidak akan ada lagi beberapa sekolah unggulan atau favorit akan tetapi SEMUA sekolah mampu menjadi unggul. 

Oleh karena itu pada tanggal 21 Juni 2019, Kemdikbud mengambil keputusan dengan menerbitkan Surat Edaran Mendikbud No 3 Tahun 2019. Didalam surat edaran tersebut menyebutkan beberapa poin revisi diantaranya :

  • Yang awalnya penerimaan dari Jalur Zonasi paling sedikit 90% (sembilan persen) dari daya tampung sekolah, kini dirubah menjadi 80%
  • Yang awalnya penerimaan dari jalur prestasi paling banyak 5% (lima persen) diluar zonasi dari daya tampung sekolah, kini dirubah menjadi paling banyak 15% (lima belas persen) 

 

Demikianlah informasi surat edaran tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat dan silahkan dishare..

Untuk melihat surat edarannya, Bapak/Ibu guru dapat mengunduhnya dibawah ini.

Surat Edaran Mendikbud No 3 Tahun 2019 format PDF ( Download )

Dipost Oleh Nopan Ardiansyah

Post Terkait

Tinggalkan Komentar